Senin, 28 Januari 2013

Seruput Mie Belitung


Jangan bayangkan kalau wujud mie belitung akan mirip dengan mie tetangga pulau yang sudah tenar terlebih dahulu yaitu mie Bangka. hmmm jujur tadinya saya sempat membayangkan seperti itu lho hehehe.

Perburuan mie belitung ini agak tertahan beberapa saat, karena warung mie favourite disana sudah waktunya tutup begitupun hari kedua pencarian. Padahal kami sudah didepan warung lho, sayangnya mie udah abis. Daripada kenapa-kenapa jadi wisran alias wisatawan penasaran jadi aja kami langsung random warung mie.

Karena penasaran dengan wujud dan rasa mie Belitung akhirnya kami nekat masuk ke warung mie yang tak jauh dari warung mie Atep yang favorite itu, tapi saya lupa nama warung yang ini. Hadeuh yah walau nggak dapet yang paling TeOPe BeGeTe nya tapi yang penting nggak penasaran deh sama jenis masakan mie yang satu ini.

Seporsi mie Belitung telah ada di depan saya dan tarraaaa bentuknya jauh dari mie bangka dan lebih mirip lomie dengan kuah kentalnya. Kecewa? Oh tentu tidak! Justru wujudnya yang agak asing ini lah saya jadi makin penasaran dengan rasanya. Mari kita coba!

Kuah kentalnya benar-benar sodaraan sama lomie, cuma ini agak manis bahkan terlalu manis karena memang ditambahkan gula merah atau gula jawa sebagai pewarna alami. Lha? Kata penjualnya sih kalau cuma kuah kental sagu aja nggak menarik dan rasanya flat jadi aja sedikit ditambah gula.


Soal isian, hmmm coba tebak apa saja isinya? Yang pasti adalah Mie, ini semacam mie basah gitu. Terus ada toge, kentang, tahu, timun dan emping tak lupa ngumpet beberapa udang. Kalau di mie Atep ditambahkan juga semacam perkedel untuk isian nya, di warung ini tampaknya nggak ada.


Soal rasa? hmmm terlalu manis buat saya. Padahal saya sudah pesan nggak pakai kecap lho.. Buat penyuka makanan manis mungkin mie belitung bisa jadi favorit. Buat penikmat makanan pedas? hmm gampang tersedia sambal cabai sebagai pelengkap memakan mie ini juga jeruk kunci yang segar kalau mau sedikit rasa asam segar didalam mie.


Hmm gimana sudah terbayang rasa mie yang biasa ditebus dengan harga 10 ribu rupiah ini? Silahkan mampir ke warung-warung mie belitung yang ada di pulau ini dan kalau rekomendasi saya sih Warung Mie Atep masih juaranya dibanding mie yang pertama saya makan. Selamat mencoba. 


video

#22