Jumat, 11 Januari 2013

Masak Kreatif ala Anak Kost

Selamat malam para anak kos dan mantan anak kos. Hmmm mengapa malam ini saya menyapa anak kos karena tadi siang saya sempat berbincang dengan seorang kawan tentang salah satu hal yang anak kos banget.

Secara de fakto sih saya cuma 1,5 tahun jadi anak kos 1tahun pertama dan 1 semester terakhir karena sisanya saya numpang di tempat teman heeee.. yah meskipun judulnya tetep ngekos sih yah. ?

Hmm jadi begini, salah satu problem anak kos seperti saya adalah terlalu hobi masak (meskipun eksperimetal) dan terlalu bawel dan bosen menu kalau makan diluar. Hmmm kali ini saya nggak akan bercerita panjang tapi saya mau bagi-bagi resep andalan saat kondisi anak kos malas masak, peralatan masak nggak lengkap atau sekedar bosen makan pecel lele. Nah kalau udah terjebak dikeadaan macam itu biasanya saya sebagai anak kos yang (sok) kreatif bakal mendekatkan diri dengan rice cooker.

Sebagai orang Indonesia sejati pastinya perut ini nggak afdol kalau nggak diisi nasi tapi nggak mungkin juga buat saya makan nasi putih gitu aja, sekere-kerenya nasi juga kudu punya rasa maka nasi liwet lah jalan keluarnya. Hmm lupakan nasi liwet solo yang ampun-ampunan ribet karena ada kuah santan, kali ini yang saya biasa masak adalah nasi liwet sunda yang resepnya saya contek dan modifikasi dari seorang kawan.

Nasi liwet ini sebenrnya biar cihuy dimasak pakai dandang atau kasrol tapi sebagai anak kosan yang ga mau terlalu intim sama warung nasi maka harhs sedikit kreatif menggunakan rice cooker.

Jadi peralatan seadanya yang harus disiapin adalah :

- Rice cooker : ukuran kecil lebih asik tapi kalau adanya yang besar mending sekalian makan bareng teman - teman
- sendok nasi : ga mungkin ngambil nasi panas pakai tangan kan?
- pisau dan talenan : ini pasangan sejoli yang harus kita punya atau seenggaknya kita cari buat masak.


Setelah alat-alat lengkap maka seterusnya adalah menyiapkan bahan. Oh iya saya nggak akan ngasih takarannya karena kalau saya masak biasanya asal cemplung dan adal masuk hahaha... oke bahan yang harus disiapkan adalah :


- beras : ya iya lah beras kan kita mau buat nasi. Jangan lupa cuci bersih yah.
- bawang merah dan bawang putih : buat saya yang dua ini wajib ada seenggaknya masing-masing 4 siung kalau lebih juga nggak apa malah lebih cihuy. Bawang yang udah dikupas nggak perlu dipotong cukup dikeprek alias ditekan alias di-press
- cabe rawit : cabenya nggak perlu dipotong juga cukup dicuci. Kalau jumlahnya terserah yang mau makan aja seleranya kayak apa.
- daun salam dan sereh :  buat anak kos agak susah yah dua item ini tapi nggak ada salahnya pas beli bawang beli ini juga biar rasa dan aroma nasi liwetnya lebih pol. Hmmm 3 lembar salam dan 2 batang sereh juga cukup kok buat takaran beras segimana pun. Yah kalau beli di warung mah minta 500eun aja kalau udah ga boleh berarti beli 1000eun lah. kalau nggak ada juga yah nggak usah pake juga ga apa tapi emang agak kurang pol sih.
-garam dan perasa : ini penting buat ngasih rasa sama nasinya nanti. Kalau saya sih buat yang rice cooker kecil biasa pakai 1 sendok teh. Sedangkan untuk perasa bisa pakai kaldu bubuk sapi atau ayam, pakenya sebungkus kalau buat rice cooker besar, yah nalar aja lah yah disesuaikan sama garam juga,
-lauk : oke, lauk disini boleh ditambahin, boleh nggak tergantung persediaan. 
---Kalau lagi makmur ada ayam maka ayam mentah yang udah dicuci bersih tinggal disatuin sama beras. Iya cemplungin aja langsung. Emang agak serem sih tapi kaldu dari ayam bakal bikin nasi lebih enak.
---ebi dan teri jadi paporit sayah kalau udah nyatu ke nasi hmm enyaak.. cara masaknya juga tinggal diaduk aja sama beras. Oh iya kalau teri atau ebi atau rebonnya asin jangan lupa kurangi sedikit garam yang dipakai.
---ikan peda juga bisa dipakai tapi masukinnya pas nasi udah mau matang, taruh aja diatasnya. Hmm tapi saya belum pernah nyoba yang ini pake rice cooker sih heheee...
---telur, nah kalau telur yang dimasukin ada baiknya kalau porsi makan nasi liwetnya buat sekali makan dan buat sendiri jadi enakan pake rice cooker yang kecil. Sama kayak ikan peda, cara masukin telur juga pas nasi udah mau matang. Nah pas nasi kira2 udah mau matang langsung deh ceplok telur diatasnya macam bibimbab nya korea hehehe...



Yak panjang yah? Nah sekarang cara masaknya adalah tinggal satuin semua bahan yang kita punya terus aduk dan tambahin air seperti masak nasi biasa, kalau saya sih biasanya airnya agak lebih banyak dari masak nasi putih biasa karena tampakhya si air bakal keserap sana -sini jadi kalau sedikit banget jadi kekeringan. Yah seenngaknya kalau orang yang biasa ngukur air masak nasi pakai telunjuk bisa pakai patokan air buat liwet ala anak kos ini 1,5 sampai 2 ruas jari lah.

Gimana? Tertarik mencoba? Selamat mencoba dan segala sesuatu yang agak melesetmdiouar tanggung jawab saya ya hehee.. mari bereksperimen :)