Selasa, 22 Januari 2013

Indonesia Nggak Cuma Bali apalagi Bandung!

Banyak orang di Indonesia hanya pergi ke kota-kota yang sama
Libur ke Singapore atau ke Malaysia, weekend ke Bandung, pulang ke Jakarta
Hanya tahu tentang Indonesia dari berita TV dan koran saja
Bukalah kopermu, isi dengan baju, banyak destinasi yang bisa dituju
(Pandji Pragiwaksono - Lagu Melayu)

Mungkin bagi sebagian orang sudah mengetahui kalau Indonesia itu luas, tapi banyak dari orang yang tau itu nggak tau kalau Indonesia benar-benar luas dan kaya dengan alamnya (nah lho agak belibet yah). Apa yang terlintas di benak sebagian orang di Jakarta saat saya menghadapkannya pada kata "liburan"? Hmm banyak yang langsung terlintas Bandung atau sedikit lebih jauh Bali atau sekalian ke luar negeri (kalau ada duit dan ada pasport :p). Kenapa Bandung? karena tentunya dekat dan bisa belanja. Lalu kenapa Bali? Yah karna memang saat liburan Bali dipadati banyak orang dan coba saja cek setiap ada maskapai yang promo dengan harga murah, penerbangan weekend ke bali dalam kurun promo itu pasti saja yang paling cepat habis. Iyah kan?? ngaku deh.

Oke cerita dan jargon lama kalau Indonesia nggak cuma Bali dan Bali ada di dalam Indonesia, tapi selama jargon itu dikumandangkan masih banyak lho orang-orang yang masih menjadikan Bali sebagai pilihan pertama destinasi liburan mereka. Sebagai negara yang (katanya) memiliki garis pantai terpanjang di dunia, harusnya Indonesia punya ratusan bahkan ribuan pantai yang jadi primadona sebagai destinasi wisatanya. Hmmm.. Ya kali dari 33 provinsi selalu aja 1 provinsi yang juga 1 pulau itu yang jadi primadonanya lagi pula selain pantai Indonesia masih punya pilihan objek lain selain pantai. Hey Mba, Mas, Oom, Tante Indonesia punya gunung, Danau, Sungai dan lainnya lho jadi nggak melulu pantai.

Kalau boleh jujur memang sekarang ini sudah banyak destinasi yang "agak" terangkat dan dijadikan alternatif liburan bahkan bagi sebagian orang (yang lain) dan justru destinasi-destinasi tersebut lah yang dijadikan incaran. Saya sendiri memang belum pernah mengelilingi luasnya Indonesia bahkan bisa dibilang saya adalah tukang jalan-jalan (kalau sebutan traveler tampak terlalu berat buat saya) yang beraninya didalam pulau dan baru kali ini saya bermain di luar pulau saya dan.. Wow pulau kecil ini pun mampu memukau saya. Tak terbayang bagi saya pulau-pulau lain disana bagaimana indahnya.

Sawarna (Banten), Teluk Kiluan (Lampung), Belitung (Babel), Raja Ampat (Papua Barat), Manado Tua (Sulawesi Utara), Derawan (Kalimantan Timur) dan beberapa tempat lainnya bisa dibilang jadi beberapa destinasi pantai/laut yang mulai menjadi kuda hitam ditengah "Bali Sentris". Sayangnya memang fasilitas dan transportasi disana belum semegah di Bali, tapi yah buat saya perjuangan transportasi kesana pasti akan terbayar dengan alam yang tersaji.

Mau belanja? Jangan cuma ke Bandung. coba tengok kota Tasik dengan Rajapolah-nya yang jadi pusatnya para pengerajin sulam dan payet juga kerajinan tangan. Bila berkunjung ke Yogyakarya jangan hanya tour kota tapi sempatka mampir ke kota Gede yang jadi pusat kerajinan perak. Untuk warga Ibu Kota yang mau main aman dengan libur singkjatnya coba lupakan Bandung dan kembali ke Bogor yang mulai ramai dengan kuliner dan pastinya Kebun Raya yang Asri atau main Air di The Jungle. Hmm sebenarnya wisata belanja ini juga bisa lho jadi pilihan saat wisata alam nggak memungkinkan.

Kalau ada yang mau bilang saya lebay silahkan lho tapi saya pernah berkata kalau akan nggak pernah jalan-jalan kie luar negeri dengan uang sendiri (beda kalau dibayarin) sebelum seenggaknya nginjekin kaki di 5 pulai besar di Indonesia. Hmmm kenapa? karena saya mau saat saya ke luar negeri nanti saya bisa dengan mudah membandingkan dengan yang negara saya punya. Kalau memang disana tak sebagus di Indonesia kita boleh berbangga namun jika disana lebih bagus di Indonesia kita harus mengapresiasi dan berusaha bagaimana destinasi disini bisa sebagus disana. Jadi sudah siapkan koper? atau cari penerbangan murah keliling Indonesia? semua tergantung style kita saat bepergian.


Apabila kau ragu untuk menjelajahi negrimu

Perjalanan pesawat tak makan waktumu kecuali Papua hanya setidurmu

Siapa lagi kalau bukan kamu yang jadi duta untuk bangsamu

Negri yang kaya kamupun tahu sekarang giliran dunia yang tahu
(Pandji Pragiwaksono - Lagu Melayu)




Cerita ini sata buat sebagai cerita hari ke 18 #30HariBercerita