Sabtu, 12 Januari 2013

PO BOX oohh PO BOX, PHP Banget Deh!

Mungkin sebagian orang mulai dadah-dadah sama kantor pos dan milih agen pengiriman kalau buat ngirim barang dan pastinya menggunakan alat komunikasi canggih kalai cuma mau bertukar kabat. Hmmm tapi nggak dengan saya, setidaknya nggak sepenuhnya lah. Buat saya kesaktian kantor pos yang belum bisa ditandingi adalah dalam hal kirim kartu pos (agen paket juga bisa sih tapi kan itungannya tetep per kilo). Dan kalau kirim-kiriman kartu pos deg-degannya ga bisa ditandingin sama sekedar kirim email, atau e-card.

Oke, balik ke judul. Nah karena saya dari dulu suka banget berkirim kartu pos ke teman diluar sana dan tambah lagi pas ikut si @cardtopost maka mulai berdatangan lah kartupos ke rumah. Hmm seengaknya kalau dulu paling3 bulan sekali dapet kartu pos dari temen nah sekarang dapetnya lumayan sering lah. Nah berhubung alamat saya panjang dan kadang dirumah karna saking banyaknya orang jadi kalau ada kiriman selembar kartu pos suka nyelip-nyelip maka saya putuskan untuk membuka PO BOX seperti beberapa teman.

Singkat cerita hunting PO BOX dimulai dari 3 bulan lalu dengan target pertama kantor pos paling deket rumah (kantor pos gintung) tapi sayang disayang kantor pos itu nggak nerima pembuatan PO BOX dan emang nggak keliatan ada kotak surat di depannya. Yah apa mau dikata meskipun si petugas ngasih saran buat ke kantor pos besar yang di Gaplek tapi Aiiih mah agak jauh yah ke arah sana.

Oke beranjak ke target ke dua yaitu kantor pos pusat Jakarta Selatan 12000 yang ada di fatmawati. Nah yang namanya kantor pos besar pasti gede dong yah dan pasti ada PO BOX nya. Nah setelah nanya sana-sini akhirnya saya ke lantai 1 (dibawah lobi) yaitu tempat dimana itu surat pada masuk dan itu PO BOX dijajarin. Disana saya bertemu bapak baik hati yang menjelaskan mekanisme penyewaan PO BOX di kantor pos ini. Cukup dengan foto copy KTP maka kunci PO BOX sudah ditangan. H,,, tapi yang bikin saya ciut dan nggak jadi adalah biaya sewa PO BOX disini cukup mahal lhooo... kita akan dikenakan biaya sewa 25ribu per bulan yang bayarnya kudu 1 tahun langsung alias 300ribu pertahun plus pembuatan kunci PO BOX seharga 30 ribu. Hmmm mahal ya kalau sekali ngeluarin duit 330ribu.

Next target adalah kantor pos Rengas yang ada disamping pasar Bintaro. Sebenenya nggak sengaja tau kalau disana bisa buka PO BOX lantaran tepat didepan kantor pos itu ada kotak macam lemari atau lebih tepatnya loker berwarna orange. Setelah ke-pending beberapa minggu akhirnya tadi siang saya pergi kesana dan ternyata benar kalau disana bisa nyewa PO BOX dan yang bikin saya makin girang adalah biaya sewa yang nggak semahal di kantor pos pusat Jaksel itu alias cuma 150 ribu per tahun.. Oke nggak pake mikir lagi dan emang udah niat maka saya isi formulir dan menyerahkan fotocopy KTP. Udah gitu tinggal nyari box yang kosong dan punya deh PO BOX sendiri, syukur-syukur dapet nomer 13.

Yak disini lah masalah muncul...jreeng jreeng ceritanya kalau ngintip buku besarnya pak pos sih kotak no 13 nggak ada yang punya oke mulai sumringah nih saya. Ooh ternyata pas dibuka didalam kotak itu ada beberapa surat. Huuuft gagal deh punya PO BOX nomer 13 :( usaha pun dilanjutkan (ceileeh usaha macam apa lah ini) satu persatu kotak dibuka dan giliran ada kotak yang kosong eeeh di buku besar itu nomer ada yang punya. Huuuh nasib ooh nasib...

Maka simpulannya adalah gagal lah saya buka PO BOX gara-gara ceritanya itu kotak penuh semua. Sebenernya saya sempet ditawarin buat pake kotak didalem aja dan nomernya suka-suka hati lah tapi ngambil suratnya pas hari kerja atau hari kantor pos buka. Yaaah kalau gitu mah nggak asik dong. Huuuh rasanya macam kantor pos PHP sama saya alias pemberi harapan palsu. Ya udah maka tampaknya saya masih harus berburu PO BOX di kantor pos lain yang harga sewanya nggak mahal-mahal amat macam di Jaksel. Nyak baek lah.............