Senin, 28 Januari 2013

Hutang (Sebuah Pengakuan untuk 30 Hari Bercerita)

Hayoo ngaku, kamu punya hutang berapa tulisan untuk 30 Hari Bercerita?

Percayakah kalau menulis itu nggak mudah tapi juga nggak sulit? Hmm coba deh ikutan 30 Hari Bercerita disini kita "dipaksa" untuk secara konsisten ngepost di blog pribadi setiap harinya. Hmmm terdengar simple tapi coba jalanin deh, seharai-dua-hari-seminggu hmm kok lama-lama jadi keteteran juga yah?

Mungkin bagi sebagian orang (khususnya yang seperti saya) sangat membutuhkan "press" dari 30 Hari Bercerita untuk mengasah kemampuan bercerita dan tentunya menulis juga meluangkan waktu untuk menulis. Hmmm bukan bergaya sebagai penulis betulan tapi dari tiga hal tadi yang paling berat adalah yang terakhir yaitu meluangkan waktu untuk menulis.

Post ini saya dedikasikan untuk semua admin 30 Hari Bercerita yang baik hati lewat sepetan-sepetannya mengingatkan kami-kami yang "lupa" menulis, lupa ngepost atau lupa ngasih link (anggap saja lupa bukan malas). Serius deh, setiap ada update twit 30 Hari Bercerita, rasanya tuh kesindir banget lantaran masih punya beberapa utang tulisan huux huxx :(

Coba teman-teman dan saya sendiri pun jujur berapa banyak dari kita yang sebenernya mau nulis tapi tiba-tiba bingung apa yang mau ditulis atau begitu mau nulis eh mata udah berat banget dan yang ada numpuk lah itu draft di dashboard blog kita.

 Masalah lain yang sering muncul adalah ajaibnya sinyal disekitar kita, buat yang suka posting menggunakan ponsel seperti saya yang namanya kata "publishing" itu bikin deg-deg seeer apalagi kalau malem-malem. Soalnya kalau ngantuk dan ditunggal tidur begitu gagal kita nggak tau itu ter-upload apa nggak dan jadinya ngedraft lagi deh. Ya, itu lah yang terjadi dengan saya sampai-sampai rasanya banyak draft yang ingin langsung saya publish saya untuk mencapai target 30 Hari. Tapi bukan itu kan tujuan kita menulis dan bercerita disini?

Sekarang nggak ada salahnya coba liat itu tulisan yang ada label draft-nya dan mulai bersih-bersih post yang masuk ke klasifikasi itu. Sedikit edit sana-sini dan yang pasti jangan asal supaya pesan yang mau kita sampaikan jadi benar-benar bisa diterima oleh orang lain. Lengkapi dengan foto dan media lainnya bila ada lalu upload dan jangan lupa tweet linknya ke @30haribercerita. Syukur-syukur adminnya baik dan mau nerima link yang kita kirim untuk dibagi bersama teman-teman yang lain. Jadi apa yang harus kita lakukan? mari dimulai dari membuka semua draft yang ada dan mari menulis dan menceritakan hal yang berguna.


#21