Rabu, 29 Juni 2011

Semakin Pintar di Taman Pintar

Kembali ke masa kecil merupakan hal yang cukup menyenangkan, banyak hal yang bias dilakukan dan dipelajari. Saya kali ini berniat kembali pada masa kanak-kanak dengan mengajak teman-teman menuju Taman Pintar.

Lokasi Taman Pintar adalah di sebelah timur Benteng Vredeburg Yogyakarta. Tempatnya juga nggak susah dicari kok soalnya Gerbang Taman Pintar terletak di pinggir jalan jadi nggak susah kan nemuinnya.

Masuk ke area Taman Pintar kita nggak dipungut biaya. Di arena out door ini kita bisa ngeliat gong perdamaian raksasa yang terdapat lambang-lambang agama yang ada di Indonesia. Disekitar nya ada monument kecil yang berisi tapak kaki dan tangan dari beberapa presiden di Indonesia lengkap dengan quotes-nya.

Oh iya sebelum kita menuju gong raksasa itu, kalau lagi beruntung kita bisa menikmati air mancur buatan yang dilengkapi dengan keterangan yang ilmiah. Wah seru ya, umm namanya juga Taman Pintar.

Di Taman Pintar Terdapat tiga gedung utama yaitu Gedung Memorabillia, Gedung Kotak dan gedung Oval. Untuk masuk ke Gedung Memorabillia kita harus mengeluatkan Rp.2.000 sedangkan kalau masuk masuk Gedung Oval dan Gedung Kotak Kita harus merogoh kocek Rp. 10.000 hmm lumayan juga ya?

Masuk ke gedung Oval kita aka disambut dengan akuarim air tawar yang menarik banget abis itu ada replika T-Rex yang akan muncul. Di gedung ini kita bisa mempelajadi segala sesuatu tentang alam dan bidang keilmuan.

Ada ruangan besar yang akan mengenalkan kita dengan kakek Newton, Enstein dan beberapa temannya, diruangan ini juga terdapat peraga mengenai system tata surya kita hmm jadi inget masa sekolah ya.

Ada banyak alat peraga terdapat disini yang pastinya udah dicoba keamanannya untuk anak-anak. Selain itu ada pula layar-layar interaktif supaya kita bisa mengatur informasi apa yang kita mau. Beberapa aat perha yang bisa keta temukan disini adalah sebagian koleksi dari PPIPTEK yang ada di Taman Mini, Jakarta.

Bidang keilmuan yang ada adalah biologi, fisika, matematika, teknologi, kimia, telekomunikasi, elektronik hingga otomotif jadi semuanya ada disini.

Selain bidang keilmuan terdapat pula mengenai budaya dan seni jadi kalau udah pinter kita nggak boleh lupa sama budaya dan kesenian yang kita punya. Koleksi yang menyangkut budaya antara lain beberapa lukisan batik, koleksi wayang hingga permainan gamelan.

Hmm menarik ya, nah kalau di Gedung Kotak dan Gedung Memorabilia jga banyak menyimpan koleksi yang ciamik, tapi saya sih nggak akan nyeritain apa yang ada disana soalnya biar kalian sendiri yang ngerasain serunya hehehe...