Kamis, 30 Juni 2011

Menyusuri Uang di Museum BI


Siapa sih yang nggak suka sama uang hehehe, nah karena kita semua suka dan tau yang namanya uang maka nggak ada salahnya kita buat kenal sama uang soalnya uang punya cerita dan sejarah yang oke punya.

Salah satu jalan buat mengenal uang adalah dengan jalan-jalan ke museum Bank Indonesia yang letaknya masih di sekitar Kota, Jakarta. Tepatnya ada diantara Museum Bank Mandiri, Stasiun Kota (Beos) dan Kawasan Kota Tua (Museum Sejarah Jakarta/ Museum Fatahillah).

Pertama datang tentunya kita disambut oleh pintu gerbang, pintunya masuknya aja udah oke banget pokoknya bangunannya sendiri sukses memadukan antara unsur art deco bangunan jaman Belanda dan teknologi bangunan masa kini, semacam pintu kaca otomatis lah hehehe.

Buat masuk ke museum ini kita sama sekali nggak dipungut biaya atau gratis tapi tetep kita harus semacam lapor dan jangan lupa demi keamanan bersama buat nitipin tas ditempat yang udah tersedia.
Setelah dari tempat penitipan tas kita maka memasuki pintu yang akan menghubungkan kita dengan dalam museum. Jangan kaget kalau setelah pintu itu agak gelap karena kita aka disambut dengan uang-uang yang berjatuhan yang ditembakan oleh proyektor. Gambar-gambar uang ini (ceritanya) bisa buat ditangkep-tangkep loh.

Mulai masuk kedalam kita akan disuguhi oleh display-display yang sangat atraktif dan kekinian selain itu ada pula salah satu sudut yang nampakmya emang dibuat supaya anak-anak juga bisa memahami dan mengenal isi Museum BI ini.


Selain display yang dipampang menjadi dinding terdapat juga layar plasma segede gaban yang ditempelin dan membuat kita bisa memilih informasi apa yang kita cari atau butuhkan. Buat suaranya juga oke kok, tepat di atas tempat kita ngatur apa yang ada di layar terdapat speaker yang menggantung dan ngarahin suara tepat diatas kita.

Nggak cuma sejarah tentang uang aja yang bisa kita dapetin, sejarah Bank Indonesia juga nggak lupa ditampilan dengan asyik dan atraktif loh!
Lanjut ke ruangan berikutnya, kali ini yang jadi pilihan adalah ruang numeric yang berisi koleksi uang yang udah ditata dengan apik dan ciamik beserta tata lampu (yang sayangnya sedikit remang-remang) dan alat-alat macam kaca pembesar yang bakal membantu kita buat lihat-lihat koleksi uang yang ada.

Selain menampilkan informasi dan koleksinya, Museum Bank Indonesia juga punya perpustakaan dan souvenir shop, jadi setelah dapet informasi kita juga tetep bisa bawa oleh-oleh hehehe…

Nah masih banyak ruangan lain yag sebenernya bisa di lihat-lihat tapi daripada cuma baca cerita lebih baik kita jalan-jalan kesana langsung, yuk! Menarik loh kan nggak ada salahnya jalan-jalan ke museum hehehe.. selamat jalan-jalan, oh iya jangan lupa meninggaklkan jejak mu di papan komentar ya..