Selasa, 28 Juni 2011

Nikmatnya Air Panas Alam di Sukabumi

Kalau badan lagi pegel-pegel atau kulit lagi agak nggak bagus, kayaknya pas banget yang namanya berendam air panas. Weits ini bukan sekedar air panas tapi air panas asli dari alam dengan kandungan belerang alias sulfur yang ampuh mengatasi masalah kulit.

Jawa Barat cukup terkenal dengan beberapa pemandian air panas alaminya, sebut saja Ciater, Cimanggu, Cipanas Bogor, Cipanas Garut dan beberapa tempat lainnya. Nah kali ini saya akan memperkenalkan another Cipanas yang cukup recommended untuk disinggahi bersama keluarga.

Cipanas kali ini berada di Kabupaten Sukabumi, terkenal juga dengan nama Cipanas-Cisolok. Letaknya yang nggak jauh dari pantai Palabuan Ratu bikin tempat ini bisa jadi alternatif kalau kamu bosen main-main di pantai.

Saran saya kalau mau kesini sebaiknya bawa kendaraan pribadi, soalnya sejauh yang saya lihat nggak ada angkutan umum yang mampir ke tempat ini. Yah, paling mentok nyarter angkot lah solusinya atau nyari ojek.

Letaknya yang agak “terpelosok” dan jalan yang ngajak kita buat off-Road rally, hehehe maklum aja sebagian jalannya masih agak rusak dan berbatu. Tapi tenang ajah meskipun agak bikin pegel bagian-bagian tertentu tapi semua bisa terobati pas udah sampe sana heheee

Setelah mebayar tiket masuk seharga Rp. 2.000 per orang kita akhirnya bisa melenggang masuk untuk merasakan hangatnya air belerang. Ups ternyata dari tempat kita bisa parkir kendaraan, pusat pemandiannya masih jauh loh jadi kita harus sedikit berjalan dan melewati jembatan yang lumayan goyang-goyang.

Setelah agak ber-outbond ria, akhirnya sampai juga di pinggiran sungai yang airnya panas karena pengaruh belerang. Walaupun belum nyebur ke air bau belerangnya udah kecium banget loh! Jadi jangan aneh kalau kita nyium bau-bau nggak enak gimana gitu, ya namanya juga belerang.

Disini kita nggak cuma bisa mandi di sungai loh! Tapi di beberapa titik ada juga pancuran yang mengeluarkan air panas yang cukup ngebul alias berasap jadi kebayang aja panasnya kaya apa hehehe… (*mulai muncul niat ngetes bikin telor rebus)

Air yang nyemprot dari beberapa celah batu juga jadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung soalnya seru aja ngeliat air muncrat hingga ketinggian hampir 10 meter, wah keren lah.

Gimana berminat jalan-jalan sambil terapi kesehatan? Coba deh yang satu ini supaya mandi air panasnya nggak bosen disitu-situ aja heee, kalau mau kesana tapi bingung bagaimana kesana dan hal-hal lainnya coba aja comment di halaman ini siapa tau saya bisa bantu. (tapi nggak janji yah :p)


*ulasan tentang tempat ini juga bernah muncul di wadah saya yang lain yaitu kertasbaru, trip-nya sendiri saya lakukan pada pertengahan 2008 bersama kawan-kawan petualang lainnya