Selasa, 21 Juni 2011

Menyusuri Pantai-pantai Indah di Banten Selatan

Mungkin belum banyak orang yang mengeksporasi dan mendatangi daerah barat daya pulau Jawa padahal daerah tersebut memiliki banyak keindahan alam termasuk pantainya. Nggak percaya? Mari kita ulik bersama beberapa pantai indah di Banten Selatan ala Uchadisini :)


Sebuah daerah tidak terkenal dan terpencil bernama Bayah tiba-tiba masuk dalam cerita keseharian saya, sebuah tempat antah berantah, satu dari 28 kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten. Ya, sebuah tempat yang nantinya akan menyihir saya dengan sapaan pasir pantai dan air lautnya.

Bayah hanyalah daerah kecil di pinggir pantai seperti daerah pesisir lainnya. Lalu bagaimana daerah ini bisa memikat hati saya? Sejujurnya tak hanya Bayah yang akan saya ceritakan tapi juga banyak daerah di sekitarnya termasuk Cihara.

Pantai Bayah, Karang Taraje, Pulo Manuk, Sawarna, Tanjung Layar dan banyak lagi merupakan nama-nama pantai yang akan kita temui di kecamatan Bayah. Jadi kamu tinggal pilih aja mau di pantai yang mana, mau yang karang atau pasir, mau deket muara atau nggak, mau udah banyak penginapan atau masih antah berantah, mau yang ada listrik atau masih gelap gulita pokoknya tingal pilih aja deh.

Rata-rata pantai di kawasan Bayah memang belum banyak terjamah buktinya pantainya masih bersih, kalaupun ada beberapa pantai yang keliatan kotor, kotorannya bukan sampah manusia kok! Tapi emang sampah alam alias daun-daun yang jatuh, ranting-ranting atau rumput laut yang tersapu ombak. Nah, berhubung masih jarang orang yang kesana jadi nggak ada yang nyapu itu sampah alam hehehe... Tapi tenang aja masih tetep oke kok tempatnya.

Buat yang suka iseng manjat-manjat Saya bilang sih ada tempat yang cocok buat nyalurin nyalurin hobi jadi manjat-manjat karang soalnya disana ada tempat yang karangnya besar-besar kaya di pantai Karang Taraje (dari namanya aja udah ketauan) atau di Cihara.

Kalau yang suka keluar masuk hutan pasnya kearah gerbang Pantai Pulo Manuk terus dilanjutin masuk hutan lindung yang jalannya rada naik-turun itu (kalau beruntung katanya bakal ketemu sama babi hutan -umm beruntung apa sial ya?-) terus nanti bisa muncul ke Pantai Sawarna yang keren dan ombaknya ngga nahan apa lagi pantainya bisa dibilang masih sepi banget-banget.

Nah untuk yang pantai Sawarna, saya punya rekomendasi dahsyat! Berhubung ini pantai lagi naik daun alias merintis untuk terkenal maka nggak susah untuk hidup dan liburan disini. buat yang punya facebook silakan buka page-nya Sawarna Guide Management atau meluncur ke blog mereka.

Kalau masalah penginapan di daerah lain, penginapan umum yang dideket pantai masih keitung sedikit tapi setidaknya masih ada kok! atau nggak punten-punten kerumah warga atau kalo emang mentok banget ya siap2 bawa tenda itu sih tergantung kamu mau nikmatin pantai pake gaya apa hehehe...

Makanan pasti jadi urusan setiap orang hehehe, jujur berhubung ini pantai-pantai masih sepi banget disaranin bawa makanan sendiri. Tapi di beberapa pantai udah ada warung-warung makan kok! ow ya biarpun ni tempat rada antah berantah tapi di dekitar terminal Bayah udah ada mini market ko bangsa ya mart-mart gitu lagian disamping terminal Bayah ada pasar kok jadi bisa belanja dulu hehehe..

Nah Berhubung ini tempat agak terpelosok maka saya dengan baik hati ngasih rute Transportasi ke Bayah tapi ini cuma saran ngga ngikutin juga nggak apa-apa kok! Woles.. heee

Dari Bandung
Naik Bus Jurusan Sukabumi
Naik Bus Jurusan Palabuhan Ratu
Naik Elf/L300 Jurusan Terminal Bayah

Dari Jakarta
Naik Bus Merak/Serang/Cilegon
Naik Bus Jurusan Rangkas Bitung
Naik Elf/L300 jurusan Terminal Bayah

Dari Bogor
Naik Bus Jurusan Terminal Bayah (beneran ada nggak sih? *masih belum jelas nih)

Kalau udah di terminal Bayah tinggal naik ojek mau kepantai yang apa yang paling deket sih pantai Bayah tapi masih agak tertutup, kalau kesini jalan juga bisa kok!

Kalau mau ke gerbang Pantai Pulo Manuk (pada beberapa pantai, Pantai Pulo Manuk, Sawarna, Cipayung dll) dan Pantai Karang Taraje, buat yang dari arah Palabuhan Ratu bisa turun di depannya jadi ngga perlu keterminal. Tapi kalau dari arah Rangkasbitung harus keterminal dulu. Lama tempuh dari terminal ke Pantai Karang Taraje sekitar 10 menit tapi kalau ke gerbang pulo manuk sekitar 20 menit.

Kalau mau ke pantai Cihara, yang naik dari Rangkasbitung bisa turun di daerah Cihara tapi kalau yang dari arah Palabuhan Ratu harus ke terminal dulu terus sambung angkot yang ke Malingping soalnya dari terminal Bayah ke pantai cihara masih agak jauh. Mungkin waktu tempuhnya 20-30 menitan.

Pantai yang bersih dan alam yang belum banyak terjamah bisa jadi pilihan buat kita untuk sejenak melapaskan penat. Apalagi untuk di Sawarna kita nggak perlu pusing-pusing coba langsung aja hubungi seorang kawan yang mengelola Sawarna Guide Management : Dede Rusdiana (+6281808014790). Ups ini bukan promo loh! Hanya berbagi kesenangan tentang pantai-pantai indah di Banten Selatan