Selasa, 07 September 2010

Dia, bernama Bell's Palsy...

Senin 30/8 : Setelah seminggu lebih leher kaku kali ini telinga saya agak terasa aneh, tepatnya rasanya agak panas. Malemnya saya latihan sama SkandalRomantika, udah siap2 bawa flute (pinjeman dari ling2 : "ling bentar lagi saya balikin anak mu") eeeh ternyata nggak banyak di pake, pas mau ngulik lagu ternyata banyak tiupan yang meleset padahal udah dpt not-nya... (diluar saya emang belum terbiasa memainkan alat musik itu lagi) hmmmm... pulang tengah malam bersama kawan dengan motornya dan (seperti biasa) saya ngga pake penutup wajah.

Selasa 31/8 : pagi-pagi agak dag-dig-dug lantaran setengah muka kaku kayak orang stroke. susah banget mau kelipet bibir, mengembungkan mulut dan menyeringai.. wuuuih... tapi saya tetep harus liputan ke TMII. Pas lagi liputan mulai kerasa mata kering, eh setelah di telaah ternyata saya NGGA BISA NGEDIP dengan baik! kelopak mata kiri ngga mau di kontrol untuk nutup dengan maksimal dan makin susah menyeringai. akhirnya saya memaksa mama untuk membooking dokter syaraf malam itu juga. Soalnya parahnya bahkan lidah saya nggak bisa
mengecap dengan baik! nggak bisa ngerasain makanan!

Hmmm. Oke! Jadi sebenernya kutukan apakah ini? Soalnya kalau kalian semua ngeliat saya sekarang mungkin kesannya : saya sombong, jarang senyum atau ngomongnya pelan-pelan pokoknya nggak ucha banget deh... (ya iyalah soalnya kalau saya ngelakuin itu semua maka yang ada muka saya jadi aneh.. jadi mencong-mencong gitu! hahaha. Kebayang? Jangan dibayangin ya!). Nah ini juga yang bikin saya nggak bisa menerima ajakan untuk menghadiri beberapa acara yang terselenggara sehabis magrib dengan kondisi out door atau pun yang mengharuskan
saya ke luar kota.

Hmmm sorry dorry morry ya.. ini terjadi lantaran ada makhluk aneh masuk ke tubuh saya dan menyerang salah satu sistem syaraf yang saya punya... hmmm... jadi sebenernya apakah ini? Ya, kalau kata dokter sih saya sedang dihinggapi virus! "oke dok terus ini virus apa? bisa pake Smadav atau Avira ngga? atau pake norton aja?" ingin rasanya saya tanya itu ke dokternya tapi lantaran dokternya
terlihat nggak terlalu asyiik ya saya urungkan lah...

Berkat keterangan dari dokter yang minim banget yang cuma bilang : "oooh ini sih virus, suka motor-motoran malem ya? hmmm syaraf 7 nya ni yang kena". Maka dengan sotoy saya carilah "penyakit syaraf 7" maka datanglah nama Bell's Palsy

Waduh? namanya bagus ya?? tapi apa dan siapakah dia? Oke, menurut penelusuran saya dalam dunia maya (maklum belum punya buku tentang ini) nama depan Bell's Palsy diambil dari seorang dokter bedah dari Skotland yang pertama kali nemuin penyakit "mencong" ini namanya SIR CHARLES BELL sedangkan PALSY adalah istilah medis yang berarti kita nggak bisa ngontrol bagian tubuh biasanya disertai dengan mati rasa juga. Nah gabungan dari itu lah yang melahirkan istilah Bell's Palsy.

Kenapa dokternya nanya "apa saya suka motor-motoran malem?" apakah dia selaku anggota geng motor??? hohoho tiddaaaak! ini karena si virus ini muncul atau terdapat pada angin yang dingin. Virus yang mirip sama virus Herpes ini disebut Herpes Simplex Virus (HSV-1). Meskipun ada kata herpesnya virus ini nggak bikin kulit saya bercak-bercak dan gatel-gatel kayak temen-temen yang pernah kena herpes.

Lalu? gimana kerja ni virus? Oke! Good Question! jadi si virus ini dengan cunihinnya menyerang ke Syaraf 7 (Cranial Nerve) yang kerjanya ngatur pergerakan wajah. syaraf ini kira-kira adanya di deket-deket kuping gitu.

Pada manusia ada 12 syaraf yang bekerja di bagian wajah, dengan perinciannya sebagai berikut, syaraf 1 untuk hidung, syaraf 2 untuk penglihatan, syaraf 3,4 dan 6 untuk pergerakan bola mata, syaraf 5 untuk merasakan sentuhan dan syaraf yang ke 7 untuk menggerakkan otot wajah. (blog tante sebelah)
Nah karena yang kena "cuma" syaraf 7 jadinya waktu disangka stroke ringan dan pas pipi saya tampar-tampar saya tetep masih bisa ngerasain sakitnya ditampar, di cubit dan rasa panas/dingin di pipi soalnya kalu ngerasain itu ternyata tugas si syaraf 5.

Oke, kembali lagi sama cara kerja si HSV-1. Nah si virus ini (disinyalir) tiba-tiba muncul lantaran hobi saya berangin-angin ria yang kira-kira menampar muka, entah sensasi angin motor, angin AC, angin di bus pokonya angin deh, tapi ada juga sebuah blog yang nulis "Disebabkan oleh virus herpes yang menetap ditubuh dan aktif kembali karena trauma, faktor lingkungan, stres dll". Oke, gimanapun dia muncul dan bangkit yang pasti si HSV-1 ini langsung berkontribusi melemahkan, meyumbat, mempersempit, menghimpit si syaraf 7 sampe dia ngga mau diatur dan ngatur.. hmmmm nyebelin ya dia!

Nah ini nih yang bikin penasaran... "jadi sembuhnya gimana?" Well, setelah saya ke dokter syaraf itu dia memberi resep dasyat
prednison : 160 = 2 x 8 (5 hari), 2 x 5 (5 Hari) dan 2 x 3 (5 hari berikutnya)
lapibal (semacam vitamin syaraf) : 30 = 3x1
non flamin (anti inflamasi) : 20 = 3x1
Nah masalahnya kan katanya ini semacam virus lalu kenapa saya nggak di kasih antivirus?? (inget bukan smadav, avira, norton atau AVG loooh) kenapa nggak ada Acyclovir dalam resepnya?? Soalnya kata beberapa keterangan di dunia maya biasanya dikasih anti-virus juga... jadi?? ckckckck...

Selain lewat pemakaian obat, terapi medis yang biasa dilakuin adalah fisioterapi, nah untuk kasus yang ini saya belum nyoba lantaran si dokter bilang baru bisa di fisioterapi setelah 10 hari. hmmm.. kalau ini sih akhirnya saya logikain biar si virusnya lemah dulu, nah abis itu kan si syarafnya masih cape jadi belum bisa fisioterapi yang notabene dikejutin, dipanasin dan dirangsang buat kerja lagi.
Setelah melewati tenggat waktu 3-4 hari, maka di lakukan latihan fisioterapi di depan kaca atau ngunyah perment karet. Latihan fisioterapi tidak usah dilakukan terburu - buru karena bisa menyebabkan nerve sprouting atau syaraf tak kembali sempurna akibat adanya gerakan tak terkontrol pada wajah. (blog tante sebelah)
Waduh, repot juga ya? pasti lah! nah yang bikin saya agak merinding adalah pas saya tanya tu dokter : "dok ini kira-kira normalnya kapan ya?" dag-dig-dug juga kan tuh.. dengan entengnya dokter itu bilang "hmm paling cepet sih 14 hari karena baru 10 hari kedepan kamu fisioterapi, ada juga yang bisa berbulan-bulan untuk balik ke 100%. Ya semoga aja nggak jadi permanen soalnya kan ngeganggu juga kalo sampe nggak pulih". Buseeeet denger kata-kata tuh dokter saya jadi deg-deg seeer gimana gitu...

Well, sebenernya kalau di kunjungin sama si Bell's Palsy ada baiknya saya sarankan untuk istirahat soalnya katanya sih istriahat bisa memperbaiki kerusakan tubuh. Nah sayangnya saya malah tetep masuk kerja dan beraktivitas seperti biasanya (hahah nggak patut di contoh). Tapi satu hal yang emang harus bener-bener dihindari (dan saya lakukan walaupun susaaah banget) adalah hindari naik motor atau berangin-angin di malam hari. Kenapa? ya suggest aja lah ya hahaha...

Owrait... gimana masih mau momotoran malem-malem tanpa pelindung (entah helm, atau masker)?? atau masih hobi ngarahin kipas angin/AC/angin jalanan ke muka? ckckckck pikir lagi Sob! hahaha (begaya banget ya saya!) yaah saya mah cuma berbagi, cuma papa-cuap biar ngga pada heboh kalau beberapa waktu kedepan melihat perubahan saya, biar kalau ada orang yang disekitar kalian menderita hal aneh ini nggak bikin bingung dan yang lebih penting biar makin bisa mendeteksi kedatangan si Bell's Palsy (iiih amit-amit deh ya!)...

Jaga Kesehatan ya... (kalau udah gini baru aja bilang.. hahahaha)