Rabu, 14 Juli 2010

Kenalan sama 12 Dewa Olympian

But myth is something else than an explanation of the world, of history, and of destiny.
-Paul Ricoeur (brainyquote.com)-

Ya.. inilah Mitologi yang paling terkenal.. Mitologi Yunani.. Siapa sih yang nggak kenal tokoh-tokoh di cerita ini? Sebenarnya ada banyaaak banget karakter di mitologi ini, mulai dari para pendahulu yang menciptakan dunia, titan sang penguasa sebelumnya, dewa-dewi, makhluk-makhluk gaib, para demigod alias manusia setengah dewa dan para manusia yang terlibat.

Di tataran dewa-dewi aja kita bakal kenalan sama banyak banget dewa-dewi. Tapi dari semua itu biasanya yang paling terkenal adalah 12 Dewa Olimpian yang tinggal di gunung Olympus. Ssst... sebenernya ada beberapa versi komposisi dari 12 dewa-dewi Olympian ini, tapi Saya mah ngambil yang paling umum aja lah hehee...

Mari berkenalan...


ZEUS - Merupakan pemimpin dewa-dewa dan penguasa gunung Olympus. Sebuah bangunan bernama Altis dibangun diatas gunung Olympus untuk menghotmati dewa yang disimbolkan dengan elang, banteng dan pohon ek ini. Dewa yang cukup "playboy" ini adalah ayah dari banyak dewa-dewi, demigod dan makhluk khayalan lainnya. Dalam Mitologi Yunani dia dikenal sebagai Jupiter, makanya nggak salah kalau namanya dipakai buat planet terbesar di tata surya.


HADES - Inget fluffy yang muncul di film Harry Potter? Anjing berkepala tiga itu adalah piaraan dewa bernama Hades dan sering dipakai untuk menggambarkan sang dewa kematian dan penguasa dunia bawah itu. Saking seremnya dewa ini, kuil yang dibangun untuknya juga nggak kalah misterius. Sebuah Nekromanteion dibangun di wilayah barat Yunani sebagai tempat pemujaan untuk dewa yang dikenak masyarakat Romawi sebagai Pluto ini.


POSEIDON - Saudara zeus ini didaulat sebagai penguasa dunia air makanya nggak salah kalau segala makhluk air terutama ikan dan lumba-lumba disucikan untuk dewa yang satu ini. Pemilik nama Romawi, Neptune ini identik sama tongkat trisula. Nah Tau nggak? ternyata tunggangannya yang bernama Hippopocamus (makhluk setengah kuda setengah ikan) menjadi inspirasi buat nama latin kuda nil.


HERA - Seriap tahunnya para gadis Yunani bernyayi dan melantunkan pujian di kuil yang bernama Heraion untuk dewi pernikahan ini. Saudari sekaligus istri Zeus ini adalah dewi pelindung pernikahan dan kesetiaan makanya pemujanya kebanyakan adalah para wanita yang sudah maupun akan menikah. Ssst.. ternyata dewi yang punya nama lain Juno ini ternyata pencemburu looh soalnya dia memegang teguh kesetiaan dan sayangnya sang suami malah sering "jatuh cinta" sama dewi lain maupun sama manusia.


HESTIA - Tungku merupakan symbol dari dewi yang selalu memegang status keperawanan ini. Saudari Zeus ini merupakan dewi pelindung rumah, keluarga dan perapian makanya dalam setiap sesajen yang diberikan didalam rumah tangga dia selalu kebagian bagian yang pertama. Mau tau nama Romawinya? Yap! kita panggil dia Vesta.




ARES - Dewa yang satu ini emang dikenal ganas, perang dan pembantaian adalah spesialisasinya. Setiap bulan maret para pemujanya melakukan upacara dan persembahan untuknya, salah satunya diselenggarakan di kuil Ares yang terletak di sebelah utara kota agora kuno, Athena. Dewa yang juga dikenal dengan nama Mars ini punya beberapa hewan yang dikeramatkan yaitu Anjing, Ular berbisa, Naga dan beberapa lainnya.


ATHENA - Namanya diabadikan sebagai kota suci Yunani, dewi kebijaksanaan, strategi, dan perang ini juga didaulat sebagai dewi pelindung kota ini makanya sebuah kuil besar bernama Parthenon dibangun kokoh untuknya. Athena selalu ditemani oleh seekor burung hantu sepanjang hidupnya, oleh pemujanya burung hantu dijadikan sebagai hewan yang disucikan.



APOLLO - Dewa yang nggak pernah berkata dusta ini merupakan dewa yang paling banyak kemampuannya dia merupakan dewa cahaya, matahari, musik, pengobatan dan penyair. Di kuilnya di Delphi orang berbondong-bondong datang untuk mencari tahu masa depan mereka. Dewa yang namanya diabadikan sebagai pesawat luar angkasa ini juga dikenal sebagai Apollo dalam mitologi Yunani.



ARTEMIS - Dewi hutan, bulan dan perbukitan ini merupakan kembaran dari Apollo. Selain itu, Dewi yang juga dikenal dengan nama Diana ini juga dsering disebut sebagai dewi kelahiran. Kuil artemis di efeseus dan Artemesian di pulaui deloas merupakan dua dari banyak kuil yang dibangun untuk dewi yang mempunyai hewan keramat rusa ini.


APHRODITE - kuil yang dibangun di Pulau Kryptos, Paphos di Cyprus, Kota Pome merupakan sebagain kuil yang dibangun untuknya. Dewi cinta dan kecantikan ini memiliki anak yang dikenal sebagai cupid dan menjadikan merpati sebagai hewan sucinya karena setia sama pasangannya. Ssstt.. Banyak banget kontroversi mengenai pemilik nama lain Venus ini looh.. nggak percaya? Selain bersuamikan Hephaestus, Aphrodite juga main belakang sama Ares. Ups...


HERMES - Merupakan Dewa pelindung bagi kaum pedagang, keberuntungan dan juga dewa pengirim berita. Buat tugas mengirim berita, Hermes biasanya partner-an sama dewi bernama Iris. Dalam mitologi Romawi, dewa yang sering digambarkan dengan sepatu, topi dan tongkat bersayap ini biasa disebut Mercury. Dewa yang sering keluar-masuk alam bawah ini mempunyai kuil yang disebut House of Hermes yang terletak di Pulau Delos.


HEPHAESTUS - Satu-satunya dewa yang nggak digambarin secara ganteng dan terlihat pincang (bahkan terkadang buta) ini merupakan dewa api, tukang kayu, penempa besi dan pembuat senjata. Dikota Athenan dia merupaka dewa yang disembah dalam bidang manufaktur dan industri. Dewa yang dikenal orang Romawi dengan Vulcan ini memiliki kuil di dekat Agora dikota Athena


Sumber (Teks dan Foto)