Jumat, 23 Juli 2010

Kekuatan anak-anak

Imajinasi adalah Kekuatan yang Maha Dasyat!Nikmatilah!
-Yhusanti Pratiwi-

Setiap manusia di dunia pasti pernah melewati fase menjadi anak-anak. Ya, masa dimana seharusnya diisi dengan segala bentuk permainan dan kesenangan. Sayangnya nggak semua orang punya masa kanak-kanak yang indah.

Setiap orang pasti melewati masa kanak-kanak dengan berbagai versinya tersendiri. Bagi saya masa kanak-kanak pastinya adalah masa yang penuh dengan daya imajinasi. Entah, tapi dari yang saya lihat bagaimanapun kondisi anak itu mereka pasti mempunyai sisi imajinatif yang bisa menjadi pelarian untuk menghibur diri.

Pernah saya melihat seorang anak sedang memilah sampah kering (kalau tidak salah kertas atau plastik), atau mungkin anak tersebut yang bekerja untuk membantu orang tua karena kalau tidak salah tempat penampungan rongsok itu adalah milik orang tuanya. Usia anak itu sekitar 4 Tahun (saat itu), saya yakin dia tidak di beri upah untuk melakukan pekerjaan itu. Bagi saya mungkin apa yang dilakukan anak tersebut adalah hal yang sangat menjemukan, hal sepele yang menghabiskan banyak waktu.

Namun apa yang saya lihat? Anak tersebut mengerjakan pekerjaannya dengan senyuman, sesekali bibir kecilnya berkomat-kamit layaknya sedang berbincang dengan seseorang, ia pun beberapa kali memperagakan gerakan-gerakan layaknya seorang sedang bermain drama. melihat kepolosan dan kelakuan anak tersebut, yang terpikir di otak saya adalah "anak ini pasti lagi mainan". Ya, Bermain ditengah-tengah pekerjaan.

Saya tak habis pikir, bagaimana anak kecil itu berpikir ditengah secuil tanggung jawab dan dibebankan padanya. Ya, mungkin itulah kekuatan seorang anak. Dengan daya imajinasinya mereka bisa menjalani hal-hal yang diluar nalar kita.

Bagaimana pun kita adalah pernah menjadi anak-anak itu berarti kita juga pernah memiliki kekuatan yang maha dasyat dengan imajinasi yang kita bangun. Bila tak ada imajinasi bagai mana mungkin saat anak-anak kita menikmati permainan rumah-rumahan, boneka, mobil-mobilan, robot dan drama kecil yang kita mainkan bersama kawan-kawan...



"Selamat Hari Anak Nasional"
23 Juli 2010