Selasa, 04 Februari 2014

Liburan "Lumayan" Hemat ala Ucha (cerita Belitung Trip 2013)

Siapa bilang liburan itu selalu mahal? Saya jadi ingat liburan saya setahun lalu saat menyambangi pulau Belitung. Dengan biaya yang cukup dan lumayan hemat saya bisa menjelajah dua kabupaten dipulau penghasil timah tersebut dalam 3 hari dan tentunya mendapat pengalaman dan teman-teman baru.

Sebelumnya kenapa saya mengatakan ini liburan lumayan hemat? karena bagi sebagian orang total biaya yang saya keluarkan masih cukup tinggi maklum masih nembus angka 1 juta Rupiah (termasuk tiket pesawat) dan saya masih dikategorikan mewah lantaran saat itu tinggal di hotel. Hmmm mungkin kirasarn hemat berdasarkan nominal memang relatif yah bagi beberapa orang tapi dengan fasilitas yang saya dapat kan saya boleh berbangga dengan liburan lumayan hemat ini kok.

Liburan lumayan hemat diawali dengan tiket promo salah satu maskapai penerbangan di Indonesia. Oke berhubung si maskapainya udah dinyatakan ditutup maka saya sebut saja Batavia Air hehehehe tentunya sebelum maskapai ini ditutup. Nah berkat bisikan-bisikan digital maka saya diarahkan pada promo sekali terbang 176 ribu aja. Lumayan kan? lumayan lah meskipun sebelumnya ternyata ada yang lebih murah hehehe... Oke dari pesawat aja saya udah mengeluarkan cost 352 ribu (176 ribu x 2 untuk pergi dan pulang).


Weeeezzz... tiba lah saya di Belitung. Masalah yang ada saat kita berwisata di pulau ini adalah sulitnya angkutan umum seperti di beberapa daerah lain. Untuk menyewa kendaraan tepatnya sepeda motor pun bingung karena dari bandara ke tengah kota Tanjung Pandan yang notabene jantung kabupaten Belitung cukup jauh dan mau nggak mau harus pakai Taxi atau nyewa mobil (jujur saya nggak tau alternatif lain).

Sebenarnya saya sudah menyiapkan budget sekian untuk dibagi dua dengan partner perjalanan saya (sebut saha pacar hehee..) dan itu sudah termasuk untuk sewa mobil, hotel dan sewa perahu. Tapi kan kalau bisa menghemat hitungan yang ada pasti lebih kece lagi :)

Nah, berawal dari pengen menghemat biaya sewa perahu untuk island hopping ke pulau-pulau menarik di Belitung maka dengan nekat saya menepuk dua cowok dibandara yang menurut per-sok-tau-an saya adalah juga wisatawan untuk patungan perahu. Hahaha.. nekat banget kan? Yah semacam tebak-tebak berhadiah lah dan benar saja dua orang ini juga seperti saya laias wisatawan lokal. Langsung aja saya ajak dan untungnya lagi mereka mau.. hoore...

Setelah ngobrol banyak, ternyata eh ternyata mereka adalah (sebut saja) penggiat Couchsurfing (mau tau apa itu couchsufing?) dan sebenarnya mereka sudah punya host di Belitung. Ah tak apa lah yang penting perjalanan saya kali ini makin rame dan sedikit lebih hemat.

Nggak disangka-sangka yang awalnya teman-teman ini saya ajak cuma untuk patungan kapal, ternyata juga mau berbaik hati untuk patungan transportasi.. waah senangnya :) selain itu ternyata si host mereka yang memang berdomisili di Belitung bisa bergabung dengan perjalanan ini dan menjadi guide dadakan.. hoooraaay (lagi)

Dengan makin banyaknya temen yang ikut secara nggak langsung juga bisa makin hemat untuk urusan makan hehe... emang sih bill nya jadi lebih banyak angkanya tapi kan variannya lebih banyak dan kalo dibagi dengan jumlah orang jadi (semoga) lebih hemat. Eh tapi yang penting buat saya mah bisa icip-icip hahaha~~~

Nah jadi nggak ada salahnya lah yah kalau liburan bersama teman-teman baru, siapa sangka yang tadinya mau liburan irit jadi makin irit dengan fasilitas yang nggak irit hehe... selamat bertemu teman baru :D