Jumat, 21 Maret 2014

Hotel Riche : Penginapan nyaman, Perjalanan senang


Titik Km. 0 Kota Malang 

Masih di Kota Malang. Ibu memutuskan untuk jalan-jalan berdua tante mengitari alun-alun. Saya dan dean? hmm.. tidur saja lah. 

Oh iya, bagi saya dan ibu, alun-alun Kota Malang memiliki cerita tersendiri bagi kami dan mungkin jadi salah satu kenangan kami tentang kota ini (cerita saya tentang malang).

Bingung menceritakan apa di hari ini karena agenda kami "hanya" mengantar ibu berkunjung ke rumah saudara-saudara yang ada disana, dan makan bakso bakar yang meurut saya paling enak.. di Bakso Bakar Trowulan (ini sudah saya review pun). 


Hmmm.. hari ini saya memutuskan untuk review penginapan saja lah ya, mengingat saya sering kali menentukan penginapan dari review para blogger. Siapa tau ada yang membutuhkan.

Pilihan kami Jatuh pada "Hotel Riche". Setelah mempertimbangkan lokasi (maksudnya biar si Ibu bisa jalan-jalan walau saya sedang istirahat), harga kamar, kenyamanan akhirnya kami memilih hotel yang terletak persis di depan Alun-alun kota Malang ini.
Kenampakan dari depan agak samping, biar depannya tua tapi dalemnya cihuy
Sebelum memutuskan menginap disini banyak informasi hotel ini saya dapatkan dari Booking.com, tiket.com dan banyak web lainnya. hmm...  tampaknya hotel ini memang cukup terkenal. Awalnya saya sempat nggak yakin dengan foto-foto yang muncul di internet, maklum saja angle foto bisa menipu hahaa.. Takut ternyata hotelnya nggak nyaman lah, takut ternyata hotel yang gimana lah (you know what i mean lah yah), horor lah atau bingung itu foto-foto masih terpercaya apa nggak. Sorry, tapi dari beberapa foto hotel ini terlihat hotel yang tua dan kesannya sepi banget, padahal kan ditengah kota.
Lobby Hotel yang sederhana. Bersiaplah dilayani oleh para petugas yang ramah (sayang nggak sempet foto)
Yak, ternyata segala keraguan saya langsung hilang setelah datang langsung ke hotel ini. Hotel ini tampaknya memang hotel tua tapi  fasilitasnya baru lho, bahkan kamar yang saya pilih nggak kalah sama budget hotel dari jaringan-jaringan terkenal. Kamarnya sih memang nggak terlalu luas tapi fasilitasnya cukup lengkap dan nyaman lho ; Kasur Spring Bed, kamar mandi yang bersih plus air panas, TV flat, AC, dan tentunya dekorasi kamar yang oke. Selain fasilitas fisik, pertimbangan lain adalah mbak dan mas yang baik hati dan tidak sombong yang siap sedia membantu, adanya layanan sarapan pagi, kondisi hotel yang terang dan bersih juga adanya area parkir. Sedangkan Wifi sayangnya cuma kenceng di Lobby.

Oh iya Kamar yang sangat modern yang saya deskripsikan memang khusus untuk kelas Deluxe yang terletak dibagian depan. Untuk wisatawan berbudget minim, ternyata ada juga pilihan kamar yang ekonomis di hotel bagian dalam. Saya sih nggak sempat ngecek kondisinya tapi kalau dilihat dari tempatnya sih tampaknya bagian "asli" dari hotel ini. Beberapa kamar ekonomis tidak menyediakan fasilitas AC dan air panas, tapi bagi saya sih masih cukup oke dan bisa jadi pilihan kalau harus menginap lagi ke kota ini. Untuk yang bawa keluarga juga bisa memilih tempat ini karena terdapat juga pilihan kamar 3 dan 4 tempat tidur.

 Tampilan kamar hotel kelas Deluxe yang minimalis membawa kesan modern

Well, setelah plus-nya kini saya kasih minusnya ya.. biar bisa jadi pertimbangan. Waktu saya kesana ada beberapa kamar yang belum selesai pembaharuannya jadi wall papernya masih ada yang belum terpasang (termasuk kamar saya). Masalah lain waktu itu adalah Air panasnya agak lama keluar (mengingat Kota Malang pagi hari sangat dingin ini jadi masalah buat saya) dan sialnya saya dapat toilet yang flush-nya agak bocor jadi airnya ngalir terus dan berisik (sebagai anak sanitasi bergaya sok eenginer akhirnya masalah ini saya tuntaskan sendiri hahaha). 

Ada satu hal yang agak mengganjal buat saya, kalau lihat daftar harga di Hotel ini. Untuk beberapa kamar menurut saya sudah cukup ekonomis dan terjangkau, ini pun berbanding lurus dengan fasilitas. Harga kamar saya saat itu adalah 320 ribu rupiah per malam, tapi karena malam pertama saya menggunakan booking.com jadi cuma 300 ribu saja, cukup murah kan? Tapi lucunya ada beberapa kamar yang menurut saya agak pricey padahal fasilitasnya sama atau bahkan fasilitasnya dibawah kamar dengan harga atau kelas yang sama. Misalnya di Kelas Deluxe; di kamar 17 fasilitasnya pake fan tapi harganya 350 ribu lebih mahal dari kamar saya. Nah gimana tuh? Saya sih belum lihat kondisinya juga lupa tanya sama kasir atau petugas disana heheee...


Harga yang berlaku saat saya nginep disana yah (Maret 2014). Aktual price-nya boleh langsung kontak aja ke hotel

Hotel Riche
Jalan Basuki Rahmat, No. 1 Malang, Jawa Timur
0341 - 325460