Jumat, 05 Oktober 2012

Last Day, Bangun dari Mimpi

Aneh yah judul yang saya buat? Tapi yah ini adalah hari terakhir saya bekerja di kantor tempat saya 'belajar' selama 2 bulan ini. hahahaha.. belajar? iya belajar bukan bekerja. Sebagai seorang lulusan jurusan jurnalistik dunia periklanan adalah hal baru bagi saya apalagi selama ini saya selalu beredar di dunia media.

Seperti mendapatkan hadiah dari Tuhan saat salah satu petinggi disini menelepon saya untuk melakukan interview (maaf kalau ada beberapa kawan yang menganggap ini terlalu lebay) karena entah mengapa dari awal saya masuk kuliah di Fikom Unpad sebenarnya saya ingin masuk jurusan periklanan dan bekerja di industri iklan yang notabene industri kreatif. Undangan interview pun saya terima dengan jadwal hari lusa setelah saya menerima telepon itu.

Pukul sembilan pagi (kurang sedikit) saya sudah tiba di Taman Meruya PLaza II no 11A, tempat yang absurd bagi saya dan memang ternyata sulit menjangkaunya karena kantor ini 'hanya' berwujud ruko diantara bengkel-bengkel yang ada. Sempat panik karena saya terlambat beberapa menit dari jadwal yang telah ditentukan namun untungnya kantor masih sepi dan saya hanya diterima oleh seorang yang sebut saja Staff General Affair. Tak lama saya menunggu diruang meeting akhirnya Media Manager pun turun, tampangnya agak jutek (maaf yah mas) dan terlihat nggak asik. Sesi wawancara pun dimulai pertanyaan basa-basi sempat terlontar hingga justru sesi wawancara ini menjelema menjadi kelas periklanan dadakan yang dibumbui dengan sedikit debat karena dia sedikit under estimate pada saya. Hingga mencapai pertanyaan :
"Sebenernya ngasih ini ke freshgraduate macam lo ini beresiko, oke gini kasih gue alasan kenapa gue harus nge-hire lo"  
"Lah kan lo bilang, lo udah baca tulisan gue dan lo suka tulisan gue? terus apalagi?" 
*hening* (disini saya mulai deg-degan karena terlalu frontal) 
"hahahaha... bisa aja lo.. boleh-boleh"
Ngga lama dari itu dia keluar, masuk lagi dan menanyakan kapan saya bisa mulai beserta berapa banyak nominal yang saya minta. sempat terjadi tarik ulur diantara kami apalagi saat itu saya belum wisuda dan boro-boro punya ijazah, revisi aja belum >_<' astaga..

Thanks God dia dan manajemen mau mengerti urusan wara-wiri wisuda saya dan akhirnya mencari titik tengah bahwa 1 Agustus adalah tanggal pertama saya masuk kerja (Padahal saya minta pada tanggal 1 September). Ya ini adalah pertama kali saya resmi menjadi karyawan sebuah perusahaan setelah sekian lama saya menjadi pekerja lepas.

Sekarang 5 Oktober menjadi hari terakhir saya disini, menutup hari saya menjadi seorang Online Content Officer yang tadinya saya kira kerjaannya 'cuma' isi web dan ngetweet. Ya, Bos saya pernah bilang kalau perusahaan ini menyerupai kampus atau sekolah karena disini kita semua belajar (apalagi saya) mengenai dunia periklanan. Disini saya belajar bagaimana membuat rencana padahal saya orang yang tanpa rencana hahaha..

"Mas kalau gue bikin tulisan panjang cepet yah? kalau bikin plan lama hehee..." 
"Gini cha, kalau lo bikin tulisan panjang lo cuma liat dari bawah. Sekarang ini lo harus liatnya dari atas, helicopter view gitu lah." 
"eh kok... jadi posisi gue apaan yah?" *dalam hati* 
Ada yang unik dengan dunia pertemanan saya, disini saya diterima sebagai awak divisi media tapi karena keterbatasan ruangan maka saya 'dilempar' ke lantai 3 (lantainya divisi  kreatif). Setiap hari selama dua bulan ini saya menjadi penghuni pojokan lantai 3 dan banyak bergaul dengan teman-teman dari divisi kreatif yang semuanya cowok dan justru tidak terlalu akrab dengan teman-teman dari divisi media itu sendiri. Hahhaaa.. kadang hal ini membuat saya merasa kalau saya adalah anak kratif dan bukan anak media (hmm memang sih penyemangat saya pun ada di kreatif *ampun ah*)

Yah, sekarang tinggal beberapa jam lagi saya menjadi 'buruh periklanan' dan yah mari nikmati beberapa jam ini.