Kamis, 14 Juli 2011

Kota Malang : Kenangan 10 Tahun lalu

Sudah dua kali dalam tahun ini saya menyambangi kota itu. Pertama beberapa bulan lalu dan kedua di bulan lalu. Sebuah kota di selatan Jawa Timur sebuah kota yang akhirnya memikat saya. Sedikit sekali memori tentang kota itu di benak saya, maklum saja terakhir kali saya menyambangi kota tersebut mungkin 10 tahun yang lalu. Kota malang, kota kecil nan menyanangkan dengan orang-orang yang ramah dan cuaca yang menentramkan.

Sudah saya bilang, tak banyak memori tentang kota yang terkenal dengan apel-nya itu. hanya ada beberapa hal remeh yang terus melekat di otak saya saat mendengar nama kota itu beberapa saat sebelum kembali saya menginjakan kaki disana. Hotel pelangi, Taman dan sebuah restoran fast food (Mc.D kalau tdiak saklah) juga kediaman seorang paman. Ya, hanya hal itu yang teringat oleh saya tentang kota tersebut dan dibulan Januari lalu akhirnya saya menyambangi tempat-tempat tersebut.

Kali ini seorang kerabat dengan baik hati menemani saya berkeliling kota ini. Setelah saya bercerita dengannya tentang tempat-tempat yang melekat di memori saya akhirnya kami melaju ke Alun-alun untuk melihat kembali tiga titik di kota itu yang paling melekat di benak saya.

Hari pertama saya di kota apel sudah dibuka dengan sepiring rawon. Jujur bagi saya sarapan dengan rawon bukan suatu hal yang biasa dilakukan terlebih lagi saya tak bisa makan kalau tidak pedas. Menurut saya sebagai makanan berkuah rawon kan enaknya ditambahin sambel, nah masalahnya kalau makan pedes pagi-pagi waah perut bisa kontraksi hehehe...

Setelah kenyang mencicipi rawon di pagi hari khas kota Malang, saatnya saya menikmati kota ini. Tak butuh waktu lama dengan sepeda motor dari rumah kerabat saya itu akhirnya sampai juga Saya di alun-alun, taman yang selalu ada di benak saya. Seperti kebanyakan taman kota lainnya, taman ini cukup ramai disinggahi oleh warga malang yang ingin sejenak menikmati kota.

Tak jauh dari situ berdiri lah sebuah bangunan hotel yang terlihat nggak terlalu tua tapi juga nggak modern layaknya hotel-hotel yang baru dibangun. Ya, sebuah hotel sederhana dan cukup standar. Hotel pelangi, disanalah beberapa tahun lalu saya dan keluarga sempat bermalam.

Ya, menyenangkan telah menapaki kembali kenangan tentang kota ini. Hingga di bulan juni saya sekali lagi saya menyambangi kota ini, tentunya dengan pengalaman yang berbeda.