Kamis, 09 Februari 2012

Bernostalgia ala Toko Oen


Tersedot ke pertengahan abad ke 20, itulah perasaan saya pertam kali melalui pintu kayu di depan restoran ini. Memang nggak ada plang besar dan mewah untuk menandakan ini restoran dengan berbagai hidangan, di depan bangunan yang tetap mempertahankan suasana kolonial ini hanya tertulis "Toko OEN".
Ada yang bilang belum ke Malang kalau belum singgah ke Toko OEN, agak lebay memang tapi wajar aja karena Toko ini bisa jadi salah satu landmark-nya kota malang terlebih lagi dibidang kuliner.

Berdiri di tahun 1930, hingga kini Toko Oen nggak cuma mempertahankan suasana jadul-nya dari bangunannya aja tapi juga dari pilihan makanan dan penyajiannya. Sayangnya seperti tempat-tempat terkenal pada umumnya, kita harus merogoh kocek sedikit dalam untuk menikmati hidangan disini. Well, meskipun agak mahal tapi dijamin puas kok karena kita nggak cuma menikmati hidangan jadul tapi juga atmosfer yang ada.

Masakan yang ditawarkan oleh Toko Oen bermacam-macam loh! Mulai dari masakan western hingga oriental. Mulai dari Appetizer, Soup, Main course hingga dessert. Mulai dari makanan berat sampai kudapan semua ada disini. Oh iya buat yang pengen masakah dari olahan Pork juga ada loh!

Nah, setelah saya mengunjungi toko yang punya tag line "a colonial landmark since 1930" ini, ada beberapa menu yang bisa saya rekomendasikan yaitu Rori Bakar khas Toko Oen saambil menyeruput Oen Coffee. Buat yang nggak suka Kopi bisa juga mencoba Chocolate Rhum dan nggak lengkap jika mampir kemari kalau nggak mencoba ijs krim alias es krim-nya. Saat itu pilihan saya jatuh pada tutty frutty, es krim yang disajikan dengan tempilan slice ini cocok untuk menjadi kudapan saat berbincang dengan kawan.

Setelah menikmati makanan dan minuman serta es krim yang lezat jangan lupa berbagi atmosfer tempat ini dengan membawakan orang rumah buah tangan khas toko oen seperi roti-roti sederhana yang terpampang di etalase depan maupun beberapa jajanan yang bisa kita temukan di masa kecil.

Nggak perlu banyak cerita tentang tempat ini karena memang harus menyambangi tempat ini langsung untuk merasakan bagaimana terseret ke pertengahan abad 20 ala noni dan meneer di Malang.


Apa : Westerns, Indonesian and Oriental Cuissine
Siapa : Toko Oen
Berapa : Makanan 6.000 - 60.000 Es Krim 10.000 - 30.000
Kapan : -
Dimana: Jl, Basuki Rahmat (Jl. Kajoe Tangan) No. 5 Malang